Interest

Blogger Opinion, Influence and Sponsorship

Postingan saya kali ini akan membahas tentang wig palsu branded yang beredar di pasaran khususnya Indonesia. Akhir-akhir ini permintaan akan wig import asal Taiwan, Korea dan Jepang mengalami kenaikan yang lumayan besar karena beberapa orang memilih untuk membeli wig daripada mengecat rambut berulang kali yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Wig import ini harganya tidaklah murah sehingga ada segelintir penjual maupun online shop yang melihat peluang untuk menjual barang Fake dari brand ini dengan harga relatif lebih murah.

Saya bukan bermaksud untuk menunjukan jari kepada pihak manapun. Saya hanya mencoba menuliskan opini saya tentang barang-barang fake yang beredar dari seller yang tidak bertanggung jawab dengan membohongi pembeli dengan menjual barang Fake yang di klaim barang Original.

Postingan ini juga membahas tentang Blogger yang entah sengaja atau tidak sengaja mereview barang fake dan me-referensikan seller penjual barang fake sebagai trusted seller dan original dalam postingan review mereka karena di sponsori atau karena alasan tertentu.

Menurut saya, blogger memiliki tanggung jawab moral terhadap pembacanya akan tulisan/postingan dan review yang di buat. saya tidak bermaksud mengkritik tentang opini blogger atau pengalaman mereka dalam mereview sebuah produk. yang saya maksud adalah setiap orang bebas berpendapat, menulis dan beropini tetapi setiap orang juga harus dapat bertanggung jawab tentang pendapatnya, tulisannya dan opininya.

famous blogger atau blogger yang populer hendak nya bijak dalam me-review produk apalagi yang di sponsori karena akan mempengaruhi pertimbangan pembeli dan juga sebagai referensi pembeli untuk membeli barang kepada pihak yang mensponsori blogger tersebut.

Awal kenapa saya membuat postingan ini karena saya membaca beberapa postingan blogger yang cukup terkenal (di lihat dari jumlah reader dan follower) membuat review yang sangat bias bukan terhadap produk yang di review melainkan terhadap statement dan klaim sponsorshipnya. contohnya saja, ketika saya mencoba mencari referensi tentang beberapa merk wig branded asal Taiwan saya membaca beberapa blogger men-stated kalau barang sponsor itu di dapat dari trusted seller dan original.

ketika saya coba dalami lebih lanjut, ternyata seller tersebut menjual barang fake. sehingga saya menjadi kurang yakin dengan kredibilitas blogger tersebut dalam mereview dan menulis postingannya.

menurut saya, jika blogger tidak yakin tentang “keaslian” barang yang di review ada baiknya hanya menuliskan opini tentang produk yang di review tetapi jangan menyesatkan pembaca yang mungkin adalah calon pembeli untuk produk tersebut dengan memberikan link dan men-state seller yang menjual barang Original padahal yang di jual adalah Fake. lebih baik lagi seorang blogger harus lebih bijak ketika menerima sponsorship sebelum akhirnya me-review produk tersebut.

Fake is Fake, jika anda suka barang murah dan fake dan gratis itu terserah anda tetapi ketika anda adalah seorang blogger yang merupakan seseorang yang pendapatnya mungkin akan mempengaruhi keputusan seseorang atau sebagian orang dalam membeli sebaiknya anda kembali berpikir.

Seorang review Blogger terkenal bisa ada karena reader yang percaya dengan kemampuan anda mereview dan memberikan informasi tentang produk yang di review sehingga sangatlah bijak jika seorang blogger juga berpikir tentang reader-nya daripada keuntungan atau sponsorship gratis dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Touch the heart by words

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s